Senin, 14 Desember 2015

Makalah Filsafat Pendidikan Islam



MAKALAH
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan

Dosen Pengampu :
Rayi Pasha. S.Sos, I.M.Hum
 






Disusun Oleh :
Didah Faridah
Latif Ismatulah
Arif Budiman
Prodi/Semester : PAI/3C

INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM
Jl. KIAI AHMAD FADLIL KONTAK POS 02
CIAMIS 46271

DAFTAR ISI
DAFTAR ISI.....................................................................................................................   i
BAB  I  PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang........................................................................................................   1
  2. Rumusan Masalah....................................................................................................   1
  3. Tujuan Penuisan.......................................................................................................   1
BAB  II  PEMBAHASAN
1.  Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan.......................   2
a.       Hakikat Ilmu Pengetahuan......................................................................................   2
b.       Perintah Al-Quran untuk Mencari, Menemukan, dan Mempelajari Ilmu................   2
c.        Cara Memperoleh Ilmu Pengetahuan .....................................................................   3
d.       Sumber dan Fungsi Ilmu Pengetahuan....................................................................   4
e.        Implikasinya Terhadap Ilmu Pengetahuan..............................................................   5
BAB III PENUTUP
  1. Kesimpulan..............................................................................................................   6
  2. Saran........................................................................................................................   6
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................   7













i
 


BAB I
PENDAHULUAN
1.        Latar Belakang
Ilmu merupakan petunjuk bagi manusia untuk mengelolah untuk menguasai jagad raya ini. Persoalan apa sebenarnya ilmu pengetahuan (ontologi) telah menjadi perdebatan antara kaum materialis dan kaum idealis. Kaum materialis hanya mengenal ilmu pengetahuan yang bersifat empiris. Sedangkan menurut kaum idealis, termasuk islam, ilmu pengetahuan bukan hanya diperoleh dengan perantara akal dan indera yang bersifat empiris saja, tetapi ada pengetahuan yang bersifat immateri, yaitu ilmu pengetahuan yang berasal dari Allah sebagai Khaliq (pencipta) pengetahuan tersebut.
Al-Qur’an di samping mengandung petunjuk-petunjuk dan tuntunan-tuntunan yang bersifat ubudiyah dan akhlaqiyah (moral), juga mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat dipedomani manusia untuk mengolah dan menyelidiki alam semesta.
Intuisi disebut juga makrifah yaitu pengetahuan yang datang dari Tuhan melalui pencerahan dan  penyinaran. Istilah ini sering disebut iluminasi. Dalam islam makrifah diperoleh lewat perenungan dan penyinaran dari tuhan.
Dalam teks-teks Islam Qur'an dan Sunnah- dijelaskan tentang sumber dan alat pengetahuan: yaitu Indra, akal dan Hati. Sasaran pendidikan adalah manusia sehingga dengan sendirinya pengembangan dimensi hakikat manusia menjadi tugas pendidikan.
2.    Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian dari latar belakang di atas, permasalahan yang dapat dirumuskan yakni sebagai berikut.
A.    Apa itu Hakikat Ilmu Pengetahuan?
B.     Bagaimana Perinatah Al-Quran untuk mencari, menemukan dan mempelajari ilmu?
C.     Bagaimana cara memperoleh Ilmu Pengetahuan?
D.    Apa saja sumber dan Fungsi Ilmu Pengetahuan?
E.     Bagaimana Implikasi Terhadap Pendidikan?
3.       Adapun tujuan penulisan dari makalah ini yakni sebagai berikut:
A.    Untuk mengetahui Hakikat Ilmu Pengetahuan
B.     Untuk mengetahui Perinatah Al-Quran untuk mencari, menemukan dan mempelajari ilmu
C.     Untuk mengetahui cara memperoleh Ilmu Pengetahuan
D.    Untuk mengetahui sumber dan Fungsi Ilmu Pengetahuan
E.     Untuk mengetahui Implikasi Terhadap Pendidikan






















BAB II
PEMBAHASAN
Pandangan Filsafat Pendidikan Islam terhadap Ilmu Pengetahuan
A.    Hakikat Ilmu Pengetahuan
Ilmu merupakan petunjuk bagi manysia untuk mengelolah untuk menguasai jagad raya ini. Menurut Ramayulis Ilmu dari segi bahasa bearti jelas. Jadi ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang jelas tentang sesuatu. Selain itu menurut Gaston Bachelerd Ilmu pengetahuan adalah suatu produk pemikiran manusia yang sekaligus menyesuaikan antara hukum-hukum pemikiran dengan dunia luar.
Menurut Quraish Shihab, kata ilmu dalam berbagai bentuk terdapat 854 kali dalam al-Qur'an. Kata ini digunakan dalam proses pencapaian tujuan. Ilmu dari segi bahasa berarti kejelasan. Jadi ilmu pengetahuan adalah pengetahaun yang jelas tentang sesuatu. Pengetahuan yang tidak jelas dari segi ontology, epistimologi, maupun aksiologi di dalam Islam tidak dianggap sebagai ilmu walaupun orang menyebutnya ilmu juga. Persoalan hakikat ilmu pengetahuan atau apa sebenarnya pengetahuan (ontology) telah menjadi perdebatan antara kaum materialis dan kaum idealis. Kaum materialis hanya mengenal pengetahuan yang bersifat empiris, dengan pengertian bahwa pengetahuan hanya diperoleh dengan menggunakan akal atau indera yang bersifat empiris dan terdapat di alam materi yang ada di dunia ini. Sedangkan menurut kaum idealis, termasuk Islam, ilmu pengetahuan bukan hanya diperoleh dengan perantaraan akal dan indera yang bersifat empiris saja, tetapi juga ada pengetahuan yang bersifat immateri, yaitu ilmu pengetahuan yang berasal dari Allah sebagai khaliq (Pencipta) pengetahuan tersebut.
B.     Perintah al-Qur'an Untuk Mencari, Menemukan Dan Mempelajari Ilmu
Perintah al-Qur'an untuk mencari ilmu dapat dipahami dari dua aspek:
1. Al-Qur'an menyusuh manusia menggunakan akal Ratio (akal) adalah merupakan salah satu dari perangkat anugerah (hidayah) yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia. Manurut Syekh Muhammad Abduh, anugerah yang diberikan oleh Allah kepada manusia meliputi:
Artinya: "Maka Apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? karena Sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada." (QS. Al-Hajj: 46)
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal
Artinya: "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal," (QS. Ali Imran: 190)
 2. Al-Qur'an menyuruh manusia meneliti alam semesta Alam semesta merupakan realitas yang dihadapi manusia, yang sampai kini baru sebagian kecil yang dapat diketahui dan diungkap oleh manusia. Bagian terbesar masih merupakan suatu misteri, yang tidak dikenal oleh manusia betapapun kemajuan yang telah mereka capai dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Al-Qur'an menyuruh manusia meneliti alam semesta ini adalah agar manusia mengetahui tanda-tanda kekuasaan Allah dan rahasia Allah dan rahasia-rahasia yang terkandung di dalamnya demi kepentingan manusia sendiri, sebab tanpa meneliti dan mengkaji alam itu manusia tidak akan memperoleh kemajuan dalam hidupnya. Kebutuhan manusia di dunia ini semakin lama semakin bertambah banyak. Apalagi manusia semakin berkembang biak memadati bumi sehingga mereka harus berjuang untuk mengatasi berbagai problema yang diakibatkan oleh pertumbuhannya itu. Salah satu dari akibat itu adalah berkurangnya sumber-sumber kehidupan di alam yang sudah diketahui oleh manusia. Oleh karenanya, manusia harus berupaya dengan sekeras-kerasnya untuk menemukan sumber-sumber baru buat kelanjutan hidup mereka. Diantara ayat-ayat yang menyuruh untuk meneliti alam semesta ini, yaitu firman Allah SWT;
Artinya: "Katakanlah: "Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan Rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman". (QS. Al-Yunus: 101
Artinya: "Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa Sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Luqman: 29)
Artinya: "Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami (Nya)", (QS. An-Nahl: 12)
C.     Cara Memperoleh Pengetahuan
Dalam filsafat ilmu cara mendapatkan ilmu dinamakan epistimologi. Dalam epistimologi Islam, pengetahuan diperoleh melalui dua cara, Pertama melalui usaha manusia, Kedua yang diberikan oleh Allah SWT.
1.      Pengetahuan yang diperoleh melalui usaha manusia ada 4 jenisnya, yaitu:
a.       Pengetahuan empiris yang diperoleh melalui indera
b.      Pengetahuan sains yang diperoleh melalui indera dan akal
c.       Pengetahuan filsafat yang diperoleh melalui akal
d.      Pengetahuan intuisi yang diperoleh melalui qalb
2.      Sedangkan pengetahuan yang diberikan oleh Allah SWT berupa:
a.       Wahyu yang disampaikan kepada para Rasul
b.      Ilham yang diterima oleh akal manusia
c.       Hidayah yang diterima oleh qalb manusia
Melalui dua cara tersebut diatas, berkembanglah ilmu keislaman dari masa ke masa. Al-Qur'an sebagai kumpulan wahyu Allah merupakan sumber pengetahuan Islam yang dapat digali sepanjang masa, ditambah lagi dengan hadits-hadits Rasulullah SAW, didalamnya terdapat prinsip-prinsip dasar berbagai cabang ilmu pengetahuan.
Allah berfirman: "Mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sumpahnya yang sungguh-sungguh: "Allah tidak akan akan membangkitkan orang yang mati". (tidak demikian), bahkan (pasti Allah akan membangkitnya), sebagai suatu janji yang benar dari Allah, akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui" (QS. An-Nahl: 38)
D. Sumber dan Fungsi Pengetahuan Sumber utama dari ilmu pengetahuan
            Dalam Islam adalah al-Qur'an. Al-Qur'an adalah kebenaran yang langsung disampaikan Tuhan kepada salah seorang hamba-Nya, yang dipilih-Nya, yang disebut Rasul atau Nabi. Al-Qur'an disamping mengandung petunjuk-petunjuk dan tuntunan-tuntunan yang bersifat ubudiyah dan akhlaqiyah (moral), juga mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat dipedomani manusia utnuk mengolah dan menyelidiki alam semesta, atau untuk mengerti gejala-gejala dan hakekat hidup yang dihadapinya dari masa ke masa. Sebagaimana firman Allah SWT; )
 Artinya: "Dan Tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan". (QS. Al-An'am: 38)
 Adapun fungsi ilmu pengetahuan secara umum adalah:
1. Untuk berubudiyah kepada Allah
2. Untuk dapat membedakan yang hak dan yang bathil, yang salah dan yang benar
3. Sebagai modal untuk mencapai kebenaran dan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang bermaksud untuk urusan di dunia maka harus dengan ilmu, siapa yang bermaksud untuk urusan di akhirat maka harus dengan ilmu dan siapa yang bermaksud untuk keduanya harus dengan ilmu" (HR. Muslim)
 E. Implikasi Terhadap Pendidikan
Dengan memperhatikan motivasi al-Qur'an untuk menuntut ilmu, cara-cara mendapatkan ilmu dalam Islam, dan al-Qur'an sebagai sumber ilmu pengetahuan, maka lembaga pendidikan Islam harus selalu menggali ilmu pengetahuan yang terdapat di dalam al-Qur'an.
Al-Qur'an tidak ubahnya seperti suatu samudera ilmu pengetahuan, makin sanggup manusia mengarunginya semakin banyak hasil yang diperolehnya. Di dalam pengetahuan ilmu lembaga pendidikan Islam harus menggali ilmu pengetahuan dari sumbernya berupa ayat Quraniyah dan ayat Kauniyah. Lembaga pendidikan Islam harus selalu menanamkan terhadap peserta didiknya, bahwa usaha untuk mempelajari, menggali dan mengaplikasi ilmu yang diperolehnya itu dalam rangka pengabdian kepada Allah SWT sebagai Khaliq (Pencipta) ilmu pengetahuan. Karena semua ilmu tersebut bersumber dari Allah SWT, maka di mana ilmu yang berguna untuk kehidupan di dunia dan di akhirat wajib dipelajari, dan merupakan kurikulum pada lembaga pendidikan Islam. Oleh karena di lembaga pendidikan Islam tidak terdapat dikotomi ilmu agama dan ilmu umum, karena semua ilmu tiu adalah ilmu keislaman.











BAB III
PENUTUP
1.      Kesimpulan
Dari pembahasan makalah tersebut diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa, Jadi ilmu pengetahuan adalah pengetahaun yang jelas tentang sesuatu. Pengetahuan yang tidak jelas dari segi ontology, epistimologi, maupun aksiologi di dalam Islam tidak dianggap sebagai ilmu walaupun orang menyebutnya ilmu juga. Perintah al-Qur'an untuk mencari ilmu dapat dipahami dari dua aspek:
1.      Al-Qur'an menyusuh manusia menggunakan akal
2.      Al-Qur'an menyuruh manusia meneliti alam semesta Dalam filsafat ilmu cara mendapatkan ilmu dinamakan epistimologi.
Dalam epistimologi Islam, pengetahuan diperoleh melalui dua cara, Pertama melalui usaha manusia, Kedua yang diberikan oleh Allah SWT. Sumber utama dari ilmu pengetahuan dalam Islam adalah al-Qur'an. Al-Qur'an adalah kebenaran yang langsung disampaikan Tuhan kepada salah seorang hamba-Nya, yang dipilih-Nya, yang disebut Rasul atau Nabi. Adapun fungsi ilmu pengetahuan secara umum adalah:
1. Untuk berubudiyah kepada Allah
2. Untuk dapat membedakan yang hak dan yang bathil, yang salah dan yang benar
3. Sebagai modal untuk mencapai kebenaran dan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.
2.      Saran
Dengan adanya makalah ini penulis berharap akan memberikan manfaat kepada semua, dan atas kekurangannya penulis mohon maaf yang sebesarnya, kami berharap siapapun yang membaca makalah ini akan lebih banyak lagi menggali dan membaca buku supaya lebih sempurna lagi pengetahuannya.


DAFTAR PUSTAKA

Ali Khalil Abu al-Ainaini, Filsafat al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur'an al-Karim, Kairo; Dar al-Fikr, 1980
Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur'an, Bandung; Mizan, 1999


Tidak ada komentar:

Posting Komentar